Monday, November 15, 2010

Orderan UPBM, hanya dibayar pengalaman

T13/OJ/2010


Afif Permana Aztamurri
210110090010


Unit Pencinta Budaya Minangkabau merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Padjadjaran, yang bergerak dalam kegiatan penalaran, seni dan budaya. Dalam bidang seni dan budayanya, UPBM memiliki tiga pilar utama dalam kegiatannya yaitu tari, musik, dan randai (seni pencak silat). Dalam berkegiatan , UPBM tentunya telah mempersiapkan segala bentuk wadah untuk menyalurkan semua kegiatan yang dilakukan di UPBM.

Salah satu tempat menyalurkan hasil kegiatan dan latihan-latihan seni dan budaya di UPBM adalah orderan. “Orderan di UPBM itu merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari latihan-latihan yang telah dilakukan oleh anggota UPBM sewaktu hari-hari sekre, ” jelas Gustrieldy Maha Putera (20) yang merupakan seorang pengurus UPBM periode 2009/2010. Ia menambahkan, pada orderan itu UPBM menerima permintaan dari orang-orang yang melakukan hajatan atau pernikahan, acara-acara penting, pembukaan seminar, dan sebagai pengisi acara-acara lainnya.

UPBM berperan sangat penting ketika mengisi acara pesta hajatan pernikahan, karena di sana terdapat sebuah adat penyambutan para mempelai ke pelaminan yaitu dengan adanya Tari Pasambahan yang bersesensi untuk menyambut orang penting (dalam hal ini pernikahan), disertai dengan penyobekan sirih tanda peresmian acara penting itu. UPBM menjadi saksi hidup pernikahan antara dua individu yang berbeda, dan ini merupakan acara yang sangat sakral. Tidak hanya pada pernikahan, tapi juga dalam pembukaan acara-acara dan menyambut tamu kehormatan pada sebuah acara.

Esensi yang didapat dari kegiatan orderan hanya sebuah aktualisasi kepada orang-orang setelah anggota UPBM berlatih dan menunjukkan bahwa mereka mempunyai suatu kemampuan khusus. Menurut Putra (sapaan akrab Gustrieldy), imbalan yang diberikan kepada UPBM untuk acara ini adalah uang dari yang mengundang UPBM, untuk UPBM, tapi dari UPBM kepada anggotanya tidak diberi imbalan, melainkan sebuah penghargaan sosial bagi mereka yang sudah ikut bergabung dalam kegiatan orderan.

Banyak kesan-kesan yang diperoleh anggota UPBM pada kegiatan orderan. Kegiatan orderan tidak hanya pada acara pernikahan, tapi banyak acara-acara penting lainnya. Menurut Putra, yang paling berkesan baginya adalah ketika tampil di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Bappenas, di mana mereka tampil di depan menteri-menteri. Orderan di Kemang sewaktu penggalangan dana untuk korban gempa Sumatera Barat 30 September, UPBM sepanggung dengan banyak artis-artis nasional. “Kita diberikan sensasi-sensasi yang berbeda di setiap orderannya”, ujar Putra.

Acara orderan ini merupakan suatu bentuk pertisipasi dari anggota UPBM, di mana mereka hanya dibayar pengalaman yang besar karena berperan dalam acara penting dan penghargaan sosial. Tidak dibayar perindividu, namun mereka tetap menunjukka aktualitas dan eksistensi individu mereka. 


Biodata Narasumber:
Naman Lengkap : Gustrieldy Maha Putra
Tempat, tanggal lahir: Padang, 10 Agustus 1990
Pendidikan : SMA Don Bosco Padang, Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran 2008
Jabatan di UPBM : Kepala Departemen Kajian, Anggota Divisi Musik.
nomor HP : 081221239195

Foto Narasumber:


Foto Kegiatan : 


No comments:

Post a Comment